Jelang Idul Adha, Harga Sapi Masih Stabil

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, harga sapi jantan maupun betina di Pasar Hewan Tuban masih terbilang stabil, lantaran jelang Hari Raya Qurban ini pembeli terpantau masih lesu.

"Saat ini harga sapi masih stabil dibandingkan dengan harga sapi tiga minggu yang lalu malah cenderung turun," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pasar Hewan Tuban, Heri Wibowo, Minggu (5/8/2018).

Heri menjelaskan, rata-rata saat ini sapi yang terjual hanya sekitar 300 hingga 400 ekor, padahal sebelumnya bisa mencapai 700 ekor setiap pasaran. Hal itu berbanding terbalik dengan jumlah sapi yang masuk di Pasar Hewan Tuban jelang Idul Adha.

"Sapi yang masuk meningkat 100 persen, dari yang biasanya 800 ekor sekarang sapi yang masuk bisa sampai 1.600 ekor setiap pasaran," ujarnya Heri.

Berbeda dengan Heri, salah satu penjual sapi Imam Gozali mengatakan, sementara ini harga sapi jantan sudah merangkak naik, Kenaikan harga sapi terjadi karena menjelang Hari Raya Idul Adha. "Harga mulai ada kenaikan sedikit, paling Rp200 ribu hingga Rp300 ribu," kata Imam.

Hal senada juga diungkapkan oleh penjual sapi lain Sufyan, menurutnya harga sapi sekarang sudah merangkak naik, terlebih sapi jantan. Diumpamakannya, bila biasanya sapi ini harganya Rp15 juta sekarang bisa Rp15,3 juta.

"Sudah naik sedikit, apalagi harga sapi jantan," pungkasnya sambil menawarkan sapi miliknya. [hud/rom]