Hari Ini, Peda IV KTNA Tuban Mulai Digelar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hari ini, Rabu (1/8/2018) Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tuban tahun 2018 akan digelar di Kecamatan Montong. Program unggulan yang dimiliki KTNA Tuban ini rencananya akan digelar selama tiga hari hingga Jumat (3/8/2018) ke depan.

Ketua KTNA Tuban, Ali Imron menuturkan, tujuan kegiatan Peda IV ini dilakukan sebagai media alih pengetahuan teknologi dan informasi bagi KTNA. Selain itu menurut Imron, kegiatan ini untuk membangun kelembagaan dan jejaring dengan berbagai perusahaan formulator bidang pertanian.

"Semoga dapat menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan atau UMKM berbasis pertanian," terang Ketua KTNA Tuban, Ali Imron.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tuban, Murtadji menuturkan dengan adanya Peda IV KTNA pihaknya sangat mengapresiasi, karena acara tersebut sebagai wadah kegiatan belajar mengajar, diskusi, tukar informasi dan pengalaman. Di acara ini juga diklaim sebagai tempat pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara petani, nelayan, dan petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta serta pemerintah.

"Kami anggap manfaat bagi KTNA adalah untuk memberikan semangat, tanggung jawab dan kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan," kata Murtadji.

Pihaknya berharap dengan adanya Peda IV ini, petani di Tuban meningkat sumber daya manusianya. Dengan begitu, petani semakin mandiri dan berdaulat.

"Harapan ke depan sebagaimana tema Peda IV ini, kita dapat mewujudkan petani yang cerdas dan berkualitas menuju kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan di Tuban," pungkasnya menandaskan. [rof/col]