Resmi Dilantik, BPC PHRI Diharapkan Bisa Tingkatkan PAD Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Tuban tahun 2018/2023 resmi dilantik, Senin (31/7/2018).

Dalam pelantikan itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda menyampaikan, jumlah wisatawan yang datang ke Tuban pada tahun 2017 lalu di Kabupaten Tuban yang mencapai kurang lebih 5 juta wisatawan. 4 juta di antaranya adalah wisatawan rohani dan sisanya merupakan wisatawan umum.

Dengan tingginya jumlah wisatawan itu, pengurus PHRI yang baru dilantik ini ke depan perlu memberikan kesan yang baik kepada wisatawan. “Di sinilah peran PHRI Tuban dibutuhkan. Pemkab Tuban menyambut baik atas pelantikan ini,” kata Bupati dalam sambutanya.

Lebih lanjut, Bupati dua periode tersebut menjelaskan keberadaan hotel dan restoran juga sangat penting, karena dapat menunjang pertumbuhan ekonomi dan menambah lapangan kerja. Selain itu, pajak yang dibayarkan menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban menjelaskan, selama ini Pemkab Tuban juga terus mengundang investor untuk datang ke Kabupaten Tuban, oleh karena itu ini merupakan kesempatan PHRI Tuban untuk memberikan kontribusi secara maksimal, salah satunya dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada investor.

Di samping itu, PHRI Tuban diharapkan dapat mendukung program pemerintah berkaitan dengan program investasi. Salah satunya dengan cara memberikan pemahaman terkait program-program investasi yang sering kali kurang dipahami oleh masyarakat Tuban.

“Maka semuanya hendaknya berpartisipasi demi kemajuan Kabupaten Tuban,” jelas Bupati kelahiran Montong tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pelayanan Anggota BPD PHRI Provinsi Jawa Timur, Langgeng Purnomo mengatakan, Kabupaten Tuban dianugerahi berbagai potensi wisata. Disamping itu kemajemukan masyarakat juga menjadi potensi wisata yang dapat dikembangkan.

"Keberadaan batik sebagai warisan leluhur juga perlu mendapat perhatian. Potensi kuliner di Kabupaten Tuban juga, karena saya kemarin juga menikmati olahan rajungan di salah satu tempat makan rasanya enak,” ungkapnya.

Ketua BPC PHRI Kabupaten Tuban, Mirza Ali Manshur mengatakan, tujuan dibentuknya BPC PHRI Kabupaten Tuban ini untuk membantu pembangunan Pemkab Tuban dalam hal ekonomi kreatif.

"PHRI akan membantu memberikan kontribusi pada Pemkab Tuban melalui program dalam PHRI. Salah satunya memingkatkan PAD Pemkab Tuban dari sektor perhotelan dan restoran," tambahnya.

Diketahui, pada acara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Wabup Tuban, Forkopimda Tuban, dan Kepala BNNK Tuban serta sebanyak 200 orang peserta yang berasal dari pengusaha hotel dan restoran di Kabupaten Tuban.[hud/col]