Wabup Minta ASN di Lingkungan Pemkab Terapkan 4 Kompetensi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein, meminta kepada pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) menerapkan empat kompetensi kepemimpinan yaitu, Manajerial, Teknis, Sosial Budaya, dan Pemerintahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami minta ASN di lingkungan Pemkab Tuban menerapkan empat kompetensi kepemimpinan, dengan memiliki aparatur yang berkompeten, maka akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik lagi," terang Wabup Tuban saat membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 202 Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tubandi Wilis Resort, Kecamatan Jenu, Jumat (13/07/2018).

Dalam kesempatan itu, Wabup juga berpesan agar ASN yang menjadi peserta diklat memahami materi-materi pelatihan sekaligus menanamkan pada diri masing-masing bahwa apa yang disampaikan ini merupakan sebuah kebutuhan yang harus diplementasikan pada unit kerja masing-masing individu.

Selain itu, mantan Ketua Kadin tersebut juga berharap agar para eselon yang mengikuti diklat dapat meningkatkan kapasitas diri terutama pada empat kompetensi tersebut. Disamping itu wabup juga menyampaikan agar materi yang disampaikan hendaknya selaras dengan program dan kebutuhan Pemkab Tuban.

Sementara itu, Kepala Bidang Kompetensi Teknis, Badan Diklat Provinsi Jawa Timur, Nanang Ardiani, berkomitmen menyelenggarakan diklat kepemimpinan yang berkualitas baik dari aspek pelayanan dan kendali mutu akademik. Hal itu sesuai dengan regulasi yang berlaku di tiap ASN. Dimana setiap ASN diwajibkan mengikuti diklat minimal 20 jam pelajaran dalam satu tahun.

"Berbagai persoalan yang kompleks kerap dihadapi aparatur, sehingga diberlakukan upaya antisipasi yang tepat dan penyelesaian yang efektif secara kelembagaan maupun individual," tambah Nanang.

Nanang menjelaskan, menghadapi tantangan itu inovasi-inovasi menjadi kunci utama bagi aparatur terhadap pengelolaan pemerintahan yang berkinerja tinggi. Oleh karena itu, kepada para peserta diminta untuk menikmati setiap proses pelatihan.

Perlu diketahui, jika kegiatan yang dilaksanakan mulai 13 Juli sampai 31 Oktober 2018 ini diikuti sebanyak 30 peserta. Rinciannya terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan yang merupakan pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemkab Tuban.[hud/col]