Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kantor Tuban, Umi Kulsum mengatakan dua rangakaian manasik haji akan di laksanakan usai lebaran. Diharapkan calon jemaah haji (CJH) bisa memanfaatkan momen di waktu yang sangat singkat tersebut. 

Umi Kulsum saat ditemui blokTuban.com di kantornya menerangkan, jadwal manasik haji masal kedua akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli, di komplek Perumahan Semen Gresik Merakurak, Tuban. Sedangkan di tingkat KUA juga akan dilaksanakan manasik selama 6 hari, yakni mulai 23 Juni hingga 7 Juli mendatang. 

"Di waktu yang singkat ini masih ada dua kegiatan manasik haji, harapannya tingkat kehadiran harus maksimal," kata Umi, sapaan akrabnya. 

Ditembahkan wanita ramah itu, pelaksanaan manasik haji di tingkat KUA akan berlangsung di 13 lokasi. Sebab, minimal peserta manasik 45 orang. 

"Dari 20 KUA, akan digabung di 13 KUA. Hal itu lantaran kuota peserta manasik ada yang tidak mencukupi, maka harus digabung," tegasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, manasik tahun ini tergolong terlambat. Manasik yang akan datang CJH akan diberikan tips penting saat berangkat, tiba, dan pelaksanaan ibadah agar menjadi haji yang mabrur. Selain itu juga ada perlengkapan dan koordinasi akhir. [rof/col]