ADD Tuban Cair Lebih Awal, Ini Tanggapan Kades

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Alokasi Dana Desa (ADD) 2018 untuk Kabupaten Tuban cair lebih awal dibanding tahun sebelumnya. Dana transfer dari APBD tersebut bisa dicairkan di bulan Januari lalu.

Padahal tahun 2017 ADD bisa mulai dicairkan di bulan Maret. Saat itu Kecamatan Senori yang pertama kali mencairkan.

"ADD untuk tahun 2018 telah dapat dicairkan 50 persen pada awal tahun, tepatnya sekitar tanggal 20 Januari lalu," ujar Bupati Tuban, H. Fathul Huda kepada blokTuban.com.

Kondisi tersebut, terang bupati dua periode itu, sebagai tindak lanjut arahan atau komitmen pemerintah kabupaten kepada desa pada safari ramadan tahun 2017. Sehingga jika proses pengajuan dari desa telah selesai semuanya, maka dana otomatis bisa dicairkan.

"ADD sangat penting bagi desa, karena di dalamnya terdapat alokasi penghasilan tetap (Siltap) kepala desa dan perangkatnya," tandas bupati.

Sementara itu satu di antara 311 kepala desa di Tuban, Noeroel Hoeda mengapresiasi upaya Pemkab mencairkan ADD lebih awal. Sebab dana ADD ini menentukan stabilitas kegiatan di desa.

"Kalau cair di awal tahun seperti ini ya bagus. Terutama terkait kegiatan di desa bisa terkondisikan," sergah Kepala Desa Ngrojo, Bangilan itu. [rof/rom]