Serunya Ngabuburit Sambil Mancing di Empang Bunut

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Kolam pemancingan ikan, atau kerap kali disebut empang di Desa Bunut, Kecamatan Widang, Tuban selalu ramai dikunjungi masyarakat umum untuk bersantai dan refreshing sekadar memancing ikan.

Tak hanya masyarakat sekitar Kecamatan Widang, warga dari wilayah lain, seperti Kecamatan Jenu, Rengel dan Soko pun sering memancing di sana mulai pagi hingga sore hari bebarengan matahari tenggelam.

Pemilik empang, Mukti Sutiyono (50) mengungkapkan, jika bulan ramadan ini kolam pancingnya kerap didatangi masyarakat dari luar Kabupaten Tuban juga.

"Itu yang bawa mobil dari Lamongan dan Jombang. Sebelah sana empat orang berjejer itu juga dari luar Tuban, asal Bojonegoro," ujar pemilik kolam pancing yang akrab disapa Mbah Muk itu, Selasa (12/6/2018).

Meskipun hanya satu lokasi kolam, pengunjung yang datang dan memancing mengaku senang. Pasalnya ikan yang didapat dari hasil mengayuh umpan tak begitu sulit di‎makan ikan-ikan di kolam.

Seperti penuturan salah satu pengunjung asal Kecamatan Jenu ini. Toha, sampai bisa mengisi sebagian kotak sterofom tanggung yang dibawanya dari rumah.

"Lumayan senang. Ikannya gak begitu sulit, tapi pas lagi strike itu lho yang paling seru dan menantang. Salah sedikit saja bisa lepas," ungkapnya.

Adapun jenis-jenis ikan yang bisa diperoleh dengan cara memancing di empang milik Mbah Muk, seperti ikan Lele, Tombro, Nila dan ikan Patin. Pengunjung yang ingin memancing di sana hanya ditarif mulai Rp35.000 hingga Rp50.000 sehari, tergantung jumlah kapasitas ikan yang dilepas. [feb/rom]