Buka Puasa dan Santunan Anak Yatim PWI Jatim

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Berbagi berkah Ramadan. Itulah yang dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Senin (11/6/2018). Di markar PWI Jatim di gedung PWI Jl Taman Apsari Surabaya, digelar buka puasa bersama dan santunan untuk anak yatim. Sebanyak 30 anak yatim dari panti asuhan Al-Muhajirin Gununganyar Surabaya dan beberapa anak yatim dari non panti beserta para pembimbingnya ikut dalam acara ini.

“Anak-anak merasa senang di bulan Ramadan ini bisa silaturrahmi secara langsung dengan wartawan, pengurus, serta berkunjung ke gedung PWI Jatim. Apalagi mendapat bingkisan. Terimakasih. Barokallah,” ujar Ibu Nusroh, ketua Panti Asuhan Al Muhajirin Surabaya.

Wakil Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim mengatakan, kegiatan tersebut untuk menjalin silaturrahmi sesama pengurus dan anggota PWI Jatim khususnya di bulan Ramadan.

“Kami mengundang anak yatim sebagai wujud rasa peduli wartawan kepada anak yatim,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu, hadir Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Jatim Joko Tetuko sekaligus memberikan tausiyah. Juga wartawan senior Fery Is Mirza turut hadir.

“Ini hari ke 27 Ramadan, sungguh sangat berkah dan sangat berbahagia PWI bersama anak yatim,” ujar Joko Tetuko.

Kewajiban untuk mencintai dan menyayangi anak yatim, serta menganjurkan memberi makan orang miskin, kata dia, disebutkan dalam Alqur’an Surat Al-Ma’un 1-3.

“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin,” terangnya.

“Yadu’ul yatim” atau menghardik anak yatim adalah orang yang memiliki rasa benci dan apatis terhadap anak yatim. Dengan demikian meskipun rajin salat, rajin puasa dan rajin melaksanakan ibadah lainnya, namun apabila tidak peduli terhadap nasib anak yatim dan orang miskin maka keimanannya perlu dipertanyakan,’’ tambah Joko.

Syaiful Anam mewakili panitia mengatakan, kegiatan berbagi dengan anak yatim selalu digelar oleh PWI Jatim.

“Ramadan tahun ini dikoodinir kepanitiaan musala At-Taubah PWI Jatim. Bukan hanya pada saat Ramadan saja, pada berbagai kesempatan seringkali bersama anak yatim. Misalnya saat peresmian gedung baru PWI Jatim ini,’’ katanya.[*]