Pasokan Terbatas, Jelang Lebaran Harga Cabai Melonjak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mendekati hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, harga sejumlah komoditas dapur di pasar baru Kabupaten Tuban terus mengalami lonjakan. Salah satunya lonjakan harga tersebut terjadi pada komoditas cabai.

Dari penuturan salah satu pedagang di pasar baru Tuban Rumiatun mengatakan, beberapa minggu terakhir menjelang lebaran ini harga cabai mengalami lonjakan. Hal itu dikarenakan, sedikitnya pasokan dari petani sedangkan permintaan konsumen semakin banyak.

"Pasokan dari petani sekarang sedikit, sedangkan permintaan konsumen menjelang lebaran ini banyak," kata Rumiatun saat ditemui blokTuban.com, Senin (11/6/2018).

Lebih lanjut, Rumiatun mengatakan, jika saat ini harga cabai rawit merah dan hijau mencapai Rp26 ribu per kilogram sebelumnya hanya Rp22 ribu perkilogram. Sedangkan harga cabai kriting merah kini sampai Rp38 ribu perkilogram, sedangkan kemarin hanya Rp34 ribu perkilogram.

Terpisah penjual lain, Tomo mengatakan hal senada, harga cabai akhir-akhir ini mengalami lonjakan. Lonjakan tersebut dikarenakan karena pada musim kemarau ini petani tidak banyak yang melakukan panen, sehingga pasokan terbatas.

"Sekarang semua jenis cabai harganya naik mas karena stoknya kurang," pungkasnya.[hud/ito]