Penyaluran BPNT Bisa Melalui BUMDesa Asalkan Jadi Agen Bank

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten Tuban akan segera menyalurkan bantuan pangan non tunai (BPNT) kepada ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh kecamatan. Saat ini pihaknya tengan salah satu bank BUMN juga telah menyalurkan kartu BPNT ke desa-desa.

Pencairan BPNT nantinya hanya bisa dicairkan dalam bentuk bahan pokok bukan bentuk uang. Sehingga bantuan tersebut bisa diambil melalui e-warung, agen bank, maupun KUB.

"Nanti bisa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang sudah kerjasama dengan mendirikan Agen BNI," terang Kepala Dinas Sosial Tuban, Nur Jannah.

Pihaknya berharap, penyaluran ke dua puluh kecamatan yang telah berlangsung dapat berjalan lancar. Sehingga KPM dapat memanfaatkan bantuan dengan cepat.

"Harapan kami penyaluran BPNT ini lancar dan segera bisa dimanfaatkan oleh KPM," tandasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, warga kurang sejahtera yang akan menerima BPNT 106.814 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Mereka nantinya bakal menerima uang elektronik sebesar Rp110 ribu pada setiap bulannya.

BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong, KUBE PKH, BUMDesa atau pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank. Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu. [rof/ito]