Agropolitan Belimbing Tasikmadu Terus Dikembangkan

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Belimbing madu, yang dibudidayakan di Desa Tasikmadu Kecamatan Palang sudah sangat lama dikenal orang. Hanya, belakangan ini, potensi itu terus dikembangkan. Pemerintah mulai desa sampai kabupaten juga mulai peduli. Hingga, saat ini menjadi Agropolitan Kebun Belimbing.

Lokasi yang diharapkan menjadi destinasi wisata itu diresmikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dintan KP) Murtadji. Dia mengatakan, belimbing Tasikmadu termasuk varietas unggul, dan sudah memiliki nama di tingkat nasional.

‘’Buah ini pernah dibawa dalam pameran buah di Kalimantan Barat, begitu pameran dibuka langsung habis diserbu pengunjung,’’ ujarnya.

Budidaya belimbing Tasikmadu, kata dia, menempati lahan seluas 69 ha. Pohonnya dapat diatur waktu tanam dan panennya. Panen bisa terjadi setiap tiga hingga empat bulan sekali. Setiap pohon mampu dipetik buahnya hingga 30 kilogram.

‘’Setiap hektar terdapat kurang lebih 300 pohon,’’ tambahnya.

Sesuai program, lanjut dia, di kawasan sentra belimbing juga akan dibangun sarana prasarana penunjang. Di antaranya pengerasan jalan, tersedianya kios, dan pendapa untuk menerima tamu pengunjung.

‘’Lahan perkebunan akan diperluas hingga ke wilayah Desa Tegalbang, Palang, dan Desa Sumurgung,’’ terangnya.

Dinas yang dia pimpin juga bekerja sama dengan OPD lain. Seperti Disparbudpora dan Diskoperindag untuk memaksimalkan pengembangan kawasan agropolitan tersebut.

‘’Melalui cara itu kawasan ini akan semakin dikenal, dan masyarakat dapat merasakan buah belimbing Tasikmadu dalam berbagai jenis olahan,’’ kata mantan Camat Tambakboyo ini.[ono]