Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 43 siswa-siswi kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Ash-Shomadiyah Kelurahan Kingking, Kecamatan/Kabupaten Tuban menggelar acara sungkeman di halaman madrasah setempat, Kamis (5/4/2018).

Acara yang digelar rutin setiap tahun dengan tema 'Doamu Menembuskan Kami Ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)' tersebut turut diikuti oleh Kepala Sekolah (Kepsek), Dewan Guru, serta beberapa wali murid dari masing-masing siswa-siswi.

Dari pantauan blokTuban.com, tangisan siswa-siswi pecah saat acara sungkeman dimulai. Selain para siswa-siswi beberapa dewan guru juga menangis terharu dalam acara sungkeman tersebut.

Menurut salah satu perwakilan kelas XII, Sri Ila Wati, sungkeman ini bertujuan untuk meminta restu kepada dewan guru serta wali murid agar dalam pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

"Semoga UNBKnya berjalan lancar dan ilmunya barokah dan bermanfaat," kata Ila.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) MA Ash-Shomadiyah Riza Shalihuddin Habibi mengatakan, acara sungkeman ini merupakan agenda rutin menjelang UNBK.

"Kami ingin membuktikan bahwa lembaga MA menjadi percontohan profil lembaga yang menanamkan karakter luar biasa kepada muridnya," ujar Riza sapaanya.

Hal itu dicontohkan dengan murid yang maju kedepan dengan ihklas memcuci kaki gurunya  ini bentuk keta'dziman yang luar biasa.

"Diharapkan ini menjadi pilot project bagi sekolah lain, bahwa sekolah itu harus menyenangkan, sekolah itu harus menciptakan suasana keluarga yang saling dekat dan saling mengisi," pungkas Riza. [hud/rom]