Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ibu-ibu anggota bank sampah 'Gotong Royong' Desa Weden bersama warga, perangkat desa, dan TNI-Polri membersihkan sungai setempat dari sampah. Kegiatan sosial tersebut dilaksanakan untuk membersihkan sampah rumah tangga yang dapat menyebabkan pendangkalan sungai.

Sebab, jika dibiarkan sampah tersebut bisa menimbulkan masalah. Apalagi sungai tersebut juga dijadikan petani setempat untuk irigasi.

"Sasaran kita, sampah yang berserakan di bantaran sungai, rumput liar, dan pepohonan yang bisa mengganggu laju air," ungkap direktur bank sampah Gotong Royong, Masmutik, Rabu (14/2/2018).

Menurut Masmutik, upaya sadar lingkungan tersebut selain bermanfaat untuk menanggulangi banjir, juga menghambat perkembangan nyamuk demam berdarah. Sebab, jika di sisi kiri kanan sungai jadi bak sampah, bisa jadi sumber penyakit.

"Semoga dengan langkah awal ini, masyarakat bisa sadar tidak membuang sampah di sungai lagi," tukas wanita energik itu.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, kegiatan kerja bakti bersih sungai tersebut juga melibatkan mahasiswa yang sedang KKN di Desa Weden. Selain itu, petugas dari dinas Pengairan Propinsi Jatim juga turut andil menanggulangi limbah rumah tangga yang memenuhi sungai irigasi tersebut. [rof/ito]