Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Timur (Jatim) Abd. Salam Nawawi mengklaim Desa Wisata Berbasis Sedekah yang digalakkan masyarakat Desa Guwoterus merupakan program unggulan satu-satunya yang ada di Jatim. Untuk itu pihaknya berharap apa yang sudah dilakukan para Pendekar Siaga dan UPZ Tabungan Akhirat itu menjadi contoh desa-desa se-Jatim.

"Ini harus jadi 'virus' yang menjangkit ke desa lain, sebab virus sedekah itu penting ditularkan," ucap Nawawi usai menyaksikan peresmian Desa Wisata Berbasis Sedekah di Desa Guwoterus, Rabu (27/12/2017).

Menurut Nawawi, Desa Guwoterus itu ibaratnya model. Oleh sebab itu harus ditiru maka desa-desa layak belajar ke Guwoterus untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Dengan adanya program di desa poduktif itu, pihaknya juga menginginkan Baznas Tuban ikut bangkit. Sebab selama ini belum begitu terlihat di Jatim.

"Mudah-mudahan ini menjadi faktor Baznas Tuban bangkit," imbuhnya lagi.

Masih Nawawi, Baznas Provinsi Jatim menargetkan penghimpunan dana zakat mencapai Rp 60 miliar sampai akhir 2017. Penghimpunan dana zakat Baznas Jatim itu mengalami peningkatan sekitar 20 perse dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp42,7 miliar.

"Harapannya gerakan zakat di Tuban lebih masif agar target tersebut terpenuhi dengan dorongan Bupati beserta OPD-nya," pungakasnya menandaskan. [rof/col]