Ikan Asap Khas Tuban Jadi Oleh-oleh Favorit Liburan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kurang lengkap rasanya jika menikmati libur panjang di suatu daerah tanpa membawa oleh-oleh khas daerah setempat. Seperti halnya saat berwisata ke Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban.

Di kabupaten yang terletak di pesisir pantai utara ini memiliki potensi sebagai daerah penghasil ikan. Sehingga saat musim liburan tiba, sebagian masyarakat memanfaatkan untuk menjual ikan asap sebagai oleh-oleh.

"Bagi wisatawan luar kota, tentu ikan asap menjadi oleh-oleh," kata pedagang, Umiah kepada blokTuban.com, Rabu (27/12/2017).

Pedagang yang merupakan warga Kelurahan Kingking itu menjelaskan, jika dirinya bersama sejumlah pedagang lain sudah terbiasa menjual ikan asap saat musim liburan tiba. Sebab, sudah dipastikan warga luar Tuban akan menjadikan ikan asap sebagai oleh-oleh.

Jenis dan harga ikan yang dijual pun beragam. Untuk Ikan asap salem ukuran kecil harganya Rp.5 ribu, ukuran besar Rp10 ribu. Sedangkan untuk ikan tongkol ukuran sedang harganya Rp15rb, yang besar Rp25 ribu. Kemudian, ikan pari dan kuningan per irisnya Rp5 ribu.

"Ramai pembeli saat liburan panjang kali ini rata-rata membeli untuk oleh-oleh keluarga," ungkap dia.

Seorang wisatawan dari Bojonegoro, Rina, menyatakan membeli ikan asap untuk oleh-oleh keluarga dan sejumlah kerabat yang berada di rumah. Dia menambahkan, keluarga dan sejumlah kerabatnya sangat menikmati ikan asap dari Tuban, karena rasanya yang enak.

"Ikan asapnya enak, keluarga banyak yang suka. Mantap banget rasanya," pungkas Rina usai menikmati wisata Pantai Cemara. [nok/rom]