Hari Santri, Warga NU Diinstruksikan Baca Salawat Nariyah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangkaian peringatan Hari Santri 22 Oktober, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali menginstruksikan pembacaan 1 miliar Salawat Nariyah. Dalam pelakasanaan kegiatan ini, PBNU mengkoordinir warga NU dan juga kalangan pesantren untuk serentak membaca salawat nariyah di masing-masing lokasi dan titik domisilinya.

Menanggapi hal tersebut, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tuban, juga telah mengeluarkan surat instruksi secara resmi yang ditujukan kepada pimpinan lembaga NU Cabang Tuban, pimpinan Badan Otonom (Banom) NU Cabang Tuban, dan Majlis Wakil Cabang (MWC) NU, hingga tingkat ranting (Desa) se-Kabupaten Tuban.

"Instruksi ini sebagai tindaklanjut dari surat yang diterima dari Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur perihal hari santri yang jatuh pada 22 Oktober 2017 mendatang," terang Sekretaris PCNU Tuban, M. Amenan, tadi malam, Jum'at (14/10/2017).

Sejumlah kegiatan yang bertajuk 'Meneguhkan Peran Santri Dalam Bela Negara, Menjaga Pancasila dan NKRI' dilakukan secara serentak dan kolosal di wilayah masing-masing.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, instruksi yang ditujukan kepada warga NU dan kalangan pesantren itu terbagi menjadi empat kegiatan, antara lain pemasangan spanduk dan baliho Hari Santri, upacara bendera hari santri 22 Oktober, membaca Tahlil dan Istighotsah untuk muassis NU dan para syuhada', dan membaca Sholawat Nariyah. [rof/rom]