11:00 . Terapkan Sistem Tiket, Rumah Persinggahan Gelar Pameran Seni Rupa   |   10:00 . Satgas Covid-19 Tuban Minta Warga Batalkan Gelar Acara Hiburan   |   09:00 . Pencarian Korb4n H4nyut di Sungai Avur Desa Cendoro   |   08:00 . Hilang 3 Hari, Korban Hanyut Avour Suru Terapung di Jembatan Glodok   |   07:00 . Bantu Menstruasi Lebih lancar, Konsumsilah 5 Makanan Ini Secara Teratur   |   17:00 . Tinjau Tanggul Embung Jebol di Plumpang, BPBD: Penanganan Darurat Akan Dilakukan   |   15:00 . Perubahan Tata Ruang Wilayah Picu Banjir di Tuban   |   14:00 . Proyek Penambalan Jalur Pantura Picu Kemacetan Panjang   |   13:00 . Tanggul Avour Suru Jebol, 60 Rumah di Cendoro Terdampak   |   11:00 . Proyek Penambalan Jalur Pantura Picu Kemacetan Panjang   |   10:00 . Tanggul Avour Suru Jebol, 60 Rumah di Cendoro Terdampak   |   09:00 . Basarnas Pimpin Pencarian Korban Hanyut di Avour Suru, Fokus di 6 Titik   |   07:00 . Mainan Mandi Anak Bisa Simpan Banyak Bakteri, Begini Cara Mengatasinya!   |   23:00 . Tanggul Embung Jebol, 110 KK di Desa Sumberagung Terendam Banjir   |   22:00 . Arus Sungai Makin Deras, BPBD Hentikan Pencarian Korban   |  
Fri, 22 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

TPPI Sepakati Atasi Masalah Sampah Laut Socorejo

bloktuban.com | Monday, 25 September 2017 19:00

TPPI Sepakati Atasi Masalah Sampah Laut Socorejo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Belum lama ini, Manajemen PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) menjalin kesepakatan bersama Pemerintah Desa Socorejo, Jenu, Tuban.

Kesepakatan antara pihak industri Petrochemical Indonesia terbesar, terbaru dan termodern dengan desa pesisir barat Tuban itu, guna melakukan koordinasi penanganan sampah yang mengganggu mesin penyuling air laut miliknya. Di sisi lain, sinergi tersebut juga untuk mewujudkan desa wisata bahari pertama di Bumi Wali (sebutan lain Tuban).

Menurut keterangan dari Kepala Desa (Kades) Socorejo, Arief Rahman Hakim, kedatangan Manajemen TPPI ke Balai Desa Socorejo, awalnya hanya ingin meminta solusi bagaimana menanggulangi sampah di laut. Atas berbagai pertimbangan, akhirnya disepakati tiga kesepakatan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Awalnya hanya koordinasi terkait penanganan sampah, ternyata muncul ide-ide yang cerdas dan menguntungkan pihak desa juga perusahaan," ungkap Arief, Senin (25/9/2017).

Dari hasil pertemuan, lanjut Kades muda itu, pihak desa meminta perusahaan kilang minyak tersebut untuk membangunkan 10 Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah. Selain itu, desa juga ingin dibangunkan bak Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Kesepakatan terakhir, agar perusahaan memberikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pembuatan bank sampah yang ditangani langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Jika itu semua terwujud, tentu memudahkan warga untuk bersih-bersih lingkungannya," imbuh alumni PMII Jogja itu.

Arif juga mengingatkan kepada TPPI untuk segera merealisasikan proyek ini. Mengingat saat ini masih musim timuran. Sebab, jika sudah memasuki musim baratan, tentu cuaca buruk dan gelombang sampah akan menghambat operasi mesin pengubah air laut menjadi air tawar kilang minyak yang beroperasi di Desa Remen-Tasikharjo itu.

Secara terpisah, perwakilan bagian Humas TPPI, Supri, berterimak asih atas masukan dan saran yang cemerlang dari Pemdes Socorejo. Hasil analisa selama ini, sampah yang mengarah ke TPPI berasal dari pesisir Pantai Socorejo dan sekitarnya.

"Setelah ada TPS dan TPA tentu akan mengurangi sampah yang dibuang ke laut Socorejo," jelasnya. [rof/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tppi, sampah, socorejo, pemdes



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more