TPPI Sepakati Atasi Masalah Sampah Laut Socorejo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Belum lama ini, Manajemen PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) menjalin kesepakatan bersama Pemerintah Desa Socorejo, Jenu, Tuban.

Kesepakatan antara pihak industri Petrochemical Indonesia terbesar, terbaru dan termodern dengan desa pesisir barat Tuban itu, guna melakukan koordinasi penanganan sampah yang mengganggu mesin penyuling air laut miliknya. Di sisi lain, sinergi tersebut juga untuk mewujudkan desa wisata bahari pertama di Bumi Wali (sebutan lain Tuban).

Menurut keterangan dari Kepala Desa (Kades) Socorejo, Arief Rahman Hakim, kedatangan Manajemen TPPI ke Balai Desa Socorejo, awalnya hanya ingin meminta solusi bagaimana menanggulangi sampah di laut. Atas berbagai pertimbangan, akhirnya disepakati tiga kesepakatan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Awalnya hanya koordinasi terkait penanganan sampah, ternyata muncul ide-ide yang cerdas dan menguntungkan pihak desa juga perusahaan," ungkap Arief, Senin (25/9/2017).

Dari hasil pertemuan, lanjut Kades muda itu, pihak desa meminta perusahaan kilang minyak tersebut untuk membangunkan 10 Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah. Selain itu, desa juga ingin dibangunkan bak Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Kesepakatan terakhir, agar perusahaan memberikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pembuatan bank sampah yang ditangani langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Jika itu semua terwujud, tentu memudahkan warga untuk bersih-bersih lingkungannya," imbuh alumni PMII Jogja itu.

Arif juga mengingatkan kepada TPPI untuk segera merealisasikan proyek ini. Mengingat saat ini masih musim timuran. Sebab, jika sudah memasuki musim baratan, tentu cuaca buruk dan gelombang sampah akan menghambat operasi mesin pengubah air laut menjadi air tawar kilang minyak yang beroperasi di Desa Remen-Tasikharjo itu.

Secara terpisah, perwakilan bagian Humas TPPI, Supri, berterimak asih atas masukan dan saran yang cemerlang dari Pemdes Socorejo. Hasil analisa selama ini, sampah yang mengarah ke TPPI berasal dari pesisir Pantai Socorejo dan sekitarnya.

"Setelah ada TPS dan TPA tentu akan mengurangi sampah yang dibuang ke laut Socorejo," jelasnya. [rof/col]