Meski Meningkat, Harga Kambing Dikeluhkan Penjual

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah. Harga Kambing di Pasar Kambing Desa Gedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengalami peningkatan.

Dari keterangan beberapa penjual kambing, peningkatan harga tersebut terjadi beberapa minggu terakhir ini. Dengan kisaran peningkatan antara Rp100.000 hingga Rp200.000 perekor kambing.

Salah satu pembeli asal Kowang, Patram mengaku, sekarang harganya sudah mulai mahal. Biasanya kambing sebesar ini hanya Rp700.000, tapi sekarang sudah sampi Rp800.000 sampai Rp850.000.

"Ini saya juga mau membeli mas, tapi semua jenis kambing harganya sudah mahal," ujar Patram kepada blokTuban.com, Sabtu (26/8/2017).

Menurut salah satu penjual kambing Mbarno, menjelang Idul Adha harga kambing meningkat terutama kambing jenis jantan, namun harga kambing tahun ini terbilang kurang bagus bagi penjual dibandingkan dengan tahun lalu.

"Harga Kambing menjelang Idul Adha meningkat mas, tapi untuk tahun ini harga kambing lebih bagus tahun kemarin," ungkap Mbarno.

Ia menambahkan, ditahun lalu harga kambing menjelang Idul Adha bagus dan lumayan menguntungkan bagi penjual. "Kambing jantan yang sudah layak untuk di Qurban ini, dulu bisa sampai Rp2 juta, tapi ini Rp1.850.000 sulit," pungkasnya.[hud/ito]