Sendang Ngerong, Tempat Santai untuk Memancing

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain Sendang Maibit yang terkenal dengan sebutan Bumi Perkemahan Lanjar Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur juga memiliki beberapa destinasi tempat bersantai lainnya. Salah satunya adalah Sendang Ngerong yang berada di Desa Pekuwon.

Lokasi sumber mata air ini berjarak kurang lebih 5 Kilometer dari Sendang Maibit, bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua, yang menyajikan pemandangan teduh pematang sawah dan rindang pepohonan akan menyejukkan mata dalam menempuh perjalanan menuju Sendang Ngerong.

Terbagi atas dua bangunan pembendung air, sendang ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mandi, mencuci baju, mencuci motor, memancing, dan kebutuhan air minum.

Agus, warga sekitar yang ditemui blokTuban.com mengaku, bahwa dirinya sering memancing di sendang tersebut. “Setiap sore atau libur kerja sering mancing di sini. Walaupun ikannya kecil, tetap asyik mancingnya, bisa dijadikan hiburanlah”, katanya sambil berkonsentrasi padi kail pancingnya.

Tak hanya itu, di sekitaran sendang terdapat juga gazebo yang digunakan beberapa pengunjung untuk bersantai menikmati udara segar khas pedesaan. Mata air sendang juga digunakan untuk mengairi sawah para petani.

“Dari sumberan ini airnya banyak digunakan untuk minum, dan mengairi ladang milik petani desa,” imbuhnya. [feb/rom]