Sensus Sasar 6.504 Pengusaha di Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sebanyak 6.504 pengusaha di Kabupaten Tuban akan disensus oleh Petugas Sensus Ekonomi (SE) dari Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Rencana sensus yang akan dilakukan pada bulan Agustus dan September mendatang itu, akan menyasar sebanyak 5.505 Usaha Menengah Kecil (UMK) dan 999 Usaha Menengah Besar (UMB).

Kepala BPS Kabupaten Tuban, Agus Budi Santoso mengatakan, sensus ekonomi tahun ini akan difokuskan bagi para pelaku usaha saja, tidak menyeluruh seperti sensus ekonomi tahun lalu. Sebab tahun lalu, sensus adalah untuk mendata masyarakat yang mempunyai kegiatan usaha perekonomian.

"Kan dari sensus tahun lalu hasilnya sudah ada, yaitu berapa banyak masyarakat yang punya usaha," jelasnya.

Selanjutnya, pihak BPS akan mensensus para pelaku usaha saja pada sensus ekonomi tahun ini. Dari data yag dimiliki BPS, ada sebanyak 6.504 pengusaha yang disensus, yang terdiri dari 5.505 UMK dan 999 UMB.

"Kita sensus para pelaku usaha saja, tujuannya adalah mengetahui berapa perputaran ekonomi terhadap usaha yang dirintisnya tersebut," pungkasnya.

Pria yang baru menjabat sebagai Kepala BPS Tuban itu juga berharap, agar para pelaku usaha mau terbuka saat disensus. Sehingga menjadi data yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Kita harap para pelaku usaha terbuka dan memberikan data yang sesuai," tutup dia. [nok/rom]