Berikut Manfaat Kartu Nelayan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kabupaten Tuban, kini sudah mempunyai kebijakan baru terkait dengan adanya penerapan Kartu Nelayan yang diprioritaskan secara khusus bagi Nelayan.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Priyo Anggodo mengatakan, saat ini sudah ada kebijakan yang mengatur nelayan harus memiliki Kartu Nelayan, sebab nanti akan ada manfaat yang dirasakan.

"Semisal jika terjadi kelangkaan di SPBU, maka nelayan yang memiliki Kartu Nelayan bisa diprioritaskan, karena benar-benar dia membuktikan sebagai seorang nelayan dan akan utamakan," terang Priyo.

Menurut dia, dengan adanya Kartu Nelayan ini sangat penting, karena sebagaimana diketahui banyak sekali nelayan yang status pekerjaannya di KTP tertulis swasta dan lain-lain.

"Dengan adanya kebijakan ini diharapkan nelayan bisa mengikutinya dan bisa segera membuat kartu nelayan" pungkasnya.

Untuk membuat Kartu nelayan tersebut, nelayan bisa langsung datang di UPTD perikanan setempat atau Kasi Perikanan di pemerintah desa.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com bahwa untuk masalah keselamatan nelayan, hanya bisa melalui BPJS, bukan dengan jaminan Kartu Nelayan.[nok/ito]