Tingkatkan Manajemen Sekolah Lewat Lokakarya Berbasis Eskul

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Guna meningkatkan manajemen sekolah yang berfokus pada kegiatan ekstrakurikuler, institusi Putera Sampoerna Foundation (PSF) menggelar lokakarya di SMA Negeri Soko, Jumat (19/5/2017).

Kegiatan yang diinisiasi institusi berlabel bisnis sosial ini bertemakan pengembangan program ekstrakurikuler siswa berbasis karakter, dan program tersebut mendapat support penuh dari ExxonMobil, yang menyasar sekitar 11 guru di dua sekolah yakni, SMP 1 Palang dan SMA Negeri Soko.

"Kegiatan ini yaitu pelatihan manajemen sekolah khusus kesiswaan yang fokus di bidang ekstrakurikuler," kata fasilitator kegiatan​, Rizki Khairunnisa.

Pemantapan manajemen yang dilaksanakan di tahun ketiga ini mendalami ranah afektif atau berkaitan dengan sikap dan nilai. Program sendiri sebagaimana diintegrasikan dengan 18 pilar nilai karakter yang digemborkan Kemendikbud.

"Harapannya guru dapat mengimplementasikan ke ekstrakurikuler masing-masing sekolah yang berkaitan pendidikan karakter," imbuh perempuan asal Malang.

Selain itu, Field Officer M. Syaichon menambahkan, kegiatan seperti ini sebelumnya juga sudah pernah dilakukan terkait penguatan kapasitas siswa di Palang. Kegiatan difokuskan pada lembaga yang menjadi target dari program pengembangan sekolah yang berada di aliran pipa minyak Exxonmobil.

"Pelatihan yang diberikan sejak 2014 tersebut melibatkan sekolah melalui tim manajemen sekolah masing-masing," pungkasnya. [dwi/rom]