79 Guru Tuban Dilatih PTK

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sebanyak 79 guru dari beberapa lembaga pendidikan di Kabupaten Tuban, mengikuti Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Pusat Belajar Guru, Jalan Panglima Sudirman, Tuban, Sabtu (13/5/2017) sampai Minggu (14/5/2017).

Pelatihan ini diadakan oleh Putra Sampoerna Foundation (PSF) dengan support anggaran dari ExxonMobil.

Pelatihan dilakukan di dua tempat. Sebanyak 41 guru berlatih di PBG Tuban untuk kelas IPA dan Bahasa, dan sebanyak 38 guru berlatih di SMP Bina Anak Soleh (BAS) untuk berlatih di kelas IPS, Agama, dan sebagainya.

Pengawas School Development Progam (SDP) dan Non SDP, M. Syaichon menjelaskan, kegiatan dilakukan PSF dengan CSR Exxonmobil bekerjasama dengan Pemkab Tuban dan juga pengawas yang ditunjuk PSF. "Pelatihan ini salah satu program SDP dan Non SDP yang dilakukan PSF dengan kerjasama ExxonMobil," katanya.

Program SDP di Tuban ini sudah berjalan selama hampir tiga tahun. Beberapa program yang sudah dijalankan diantaranya perbaikan infrastruktur tempat belajar, manajemen pembelajaran guru, peningkatan kapasitas siswa dengan program ekstrakkurikuler, dan masih banyak kegiatan yang lain.

Khusus buat pelatihan PTK, beberapa materi yang disampaikan diantaranya konsep PTK, identifikasi masalah, kerangka berpikir dan hipotesis, metode PTK, penyusunan kerangka operasional, penyusunan perangkat instrumen PTK, analisis hasil penelitian dan refleksi, serta beberapa materi lain yang dibutuhkan guru.

"Kita berharap guru yang  menjadi peserta PTK bisa menerapkan ke siswa didik. Agar mutu pendidikan kita bisa semakin meningkat," kata Kabid Ketenagaan, Dinas Pendidikan Tuban, Rasmani.

Fasilitator yang membantu para guru berlatih diantaranya: Dr. Wahono Widodo, M.A, Prof Dr Lies Amin Lestari, M.A, M.Pd, Drs Nasution, M.Hum, M.Ed, Ph.D, dan Prof. Dr. Lutfiyah Nurlaela, M.Pd. [pur/rom]