Pengangguran Terbuka Tuban Didominasi Lulusan SD?

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jumlah pengangguran terbuka di Kawasan Tuban tidak bisa dikatakan sedikit. Tercatat ada lebih 18.000 jumlah pengangguran terbuka menyebut lulusan Sekolah Dasar (SD) mendominasi.

"Ada 60 persen lulusan SD yang paling tinggi, SMP dan SMA sekitar 30 persen. Sedangkan perguruan tinggi sekitar 10 persen sisanya," kata Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

Sementara dari sekian persen lulusan SMP hingga perguruan tinggi, lanjutnya, sebagian besar mengandalkan lowongan dari perusahaan, BUMN ataupun Pemerintah Daerah. Sedangkan pengangguran terbuka yang tersebar di Tuban tidak sepenuhnya memiliki kualifikasi bekerja di sebuah instansi atau perusahaan.

"Kita ingin betul-betul valid berapa angkatan kerja yang menganggur. Karena data ini hanya mengandalkan pendataan dari kepemilikan kartu kuning (kartu mencari kerja, red) yang mencapai 18.000," tambahnya.

Sehingga, kedepan adanya job fair atau pameran bursa kerja dapat memberi kesempatan pengangguran terbuka untuk mendapatkan pekerjaan. Karena selama ini mereka hanya menjalani pekerjaan tidak tetap.

"Jika lowongan yang dipasang hanya bagi mereka yang lulusan SMA ke atas, maka mereka yang lulusan SD-SMP tidak dapat menikmati pelayanan ini," kata politisi asal Rengel itu kepada bT, sapaan akrab blokTuban.com. [dwi/rom]