Kabid Koperasi Berharap, Koperasi SMS Rengel Jadi KSPS

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Usaha ekonomi syariah yang dikembangkan pemuda di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, Koperasi Sahabat Mandiri Sejahtera (SMS) yang dikelola Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Rengel dalam kurun waktu hanya setahun, mampu berkembang hingga ratusan juta rupiah simpanan hasil usahanya.

Kepala Bidang (Kabid) Koperasi, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban mengungkapkan, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam manajemen Koperasi SMS yang dikembangkan para pemuda diantara daerah penghasil minyak dan gas (Migas). Hal itu terbukti dalam laporan Rapat Tahunan Anggota (RAT) Koperasi SMS pada Sabtu, 29 April 2017 di Pendopo UPTD Pendidikan Kecamatan setempat.

"Koperasi SMS harus menjadi pelopor koperasi bersyariah di Kabupaten Tuban,” ungkap Rohmat.

Untuk itu, pihaknya tetap mengarahkan agar Koperasi SMS terus berbenah. Menurut dia, perkembangan yang dialami Koperasi SMS, harus terus ditingkatkan. Rohmat berharap, Koperasi SMS menerapkan diri sebagai Koperasi Simpan Pinjam Syariah atau KSPS.

Sementara ketua Koperasi SMS, Ahmad Ma'mun Hariri menambahkan, pada awal 2016 lalu, anggota Koperasi SMS hanya sejumlah 20 orang dengan dana awal sekitar Rp1,850 juta. Namun, pada akhir 2016, anggota Koperasi SMS meningkat menjadi 299 orang, dengan simpanan hasil usaha (SHU) sebesar Rp222,3 juta.

Ditegaskan dia, ke depan pemuda Ansor optimis, pengelolaan Koperasi SMS akan semakin baik lagi. “Ke depan koperasi SMS semoga bisa mengubah stigma bahwa kaum nahdliyin adalah kaum miskin,” pungkas kader Ansor yang dipanggil Gus Ma'mun ini. [rof/rom]