Dor! Stand Meter Toko Modern Meledak Keluarkan Api

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Salah satu toko modern di Kecamatan Bangilan tutup sementara. Sebab, pada pagi ini, Jum'at (14/4/2017) terjadi ledakan stand meter dan mengeluarkan api akibat korsleting listrik.

Beruntung api tidak terlalu besar dan berhasil dipadamkan petugas toko bersama warga sekitar. Namun, akibat kejadian tersebut warga yang tinggal di sekitar toko panik berhamburan keluar rumah.

"Tiba-tiba dor dor, bunyi ledakan stand meter mengeluarkan percikan api dan kami merasa panik, sehingga listrik rumah saya matikan semua," kata warga yang rumahnya berdempetan dengan toko, Subiyantoro (53).

Karena takut terjadi kebakaran, warga membantu memadamkan api dengan menggunakan pasir. Akhirnya berselang sekitar tiga puluh menit api bisa padam dengan dibantu petugas PLN memutus kabel utama dari tiang listrik.

"Beruntung ada petugas PLN yang naik ke atap toko dan memutus kabel utama, akhirnya ledakan dan api bisa dikendalikan," imbuh Bu Bin, sapaan akrabnya.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, korsleting listrik terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.30 WIB. Untuk sementara toko ditutup sambil menunggu teknisi membetulkan saluran listrik.

Ketika dikonfirmasi penyebab kebakaran, salah satu teknisi PLN, Yanto (54) mengatakan, kejadian murni akibat korsleting listrik. Menurutnya ada beberapa kabel pada stand meter yang bersinggungan sehingga menimbulkan ledakan dan percikan api.

"Ini murni akibat korsleting listrik," tegas Yanto.

Sementara penjaga toko ketika hendak dimintai keterangan enggan berkomentar. Bahkan, mereka mengaku sesuai permintaan dari atasan meminta kejadian tersebut untuk tidak dipublikasikan.[rof/ito]