Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Resmikan Masjid di Tapen

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu meresmikan bangunan Masjid Baitus Salam yang berada di Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Senin (10/4/2017). Renovasi tempat ibadah warga muslim di kawasan Ring I kegiatan operasi Pertamina EP Asset 4 itu menelan dana sekitar Rp1 miliar.

"Untuk renovasi masjid itu sendiri dananya berasal dari anggaran sosial dan lingkungan," terang Field Manager (FM) Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Agus Amperianto usai peresmian Masjid.

Renovasi masjid dengan ukuran 20x30 meter tersebut dilakukan oleh Pertamina EP tepat di samping utara masjid yang lama. Di tanah wakaf yang telah ditentukan sesuai dengan permintaan dari warga desa setempat itu dilengkapi dengan sarana yang lebih bagus dari sebelumnya.

Agus sapaan akrab mantan Humas Pertamina Pusat itu menyebut, pembangunan Masjid Baitus Salam dengan istilah renovasi, karena sebelum dibangun masjid oleh Pertamina EP, sudah ada masjid di tempat itu. Pembangunan berjalan sekitar 3 bulan mulai tahap awal hingga selesai.

"Renovasi masjid ini untuk membantu keinginan warga memiliki tempat ibadah yang lebih baik dan itu tugas Pertamina untuk membantu pemerintah," tambahnya.

Selain sebagai tempat salat maupun ibadah lainnya, keberadaan masjid yang telah dibangun lebih bagus itu, pihak Pertamina EP berharap akan mampu memunculkan kegiatan-kegiatan positif dari warga masyarakat sekitar. Sehingga pihak pengurus masjid bisa menggali potensi untuk kegiatan positif dan melakukan amal shaleh.

Pihak perusahaan juga berharap masjid ini menjadi awal untuk kegiatan-kegiatan positif yang bisa dikembangkan masyarakat dalam mempertajam ukhuwah antar warga. Untuk itu warga diharapkan bisa memakmurkan masjid.

"Mari kita bangun kejayaan umat melalui kegiatan di masjid," tegas pria kelahiran Semarang itu.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Sudarmaji menyatakan bahwa pembangunan masjid itu sejalan dengan visi pemerintah setempat untuk menjadikan Kabupaten Tuban yang religius. Ke depan pihaknya ingin masjid ini tidak hanya sebagai tempat untuk salat dan ngaji saja, namun mampu menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

"Kami mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sangat berterima kasih dengan pembangunan masjid yang dilakukan Pertamina EP ini," kata Sudarmuji selaku wakil Bupati Tuban yang berhalangan hadir.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, kegiatan peresmian Masjid Baitus Salam juga dihadiri Muspika Kecamatan Senori dan warga yang ditutup dengan santunan anak yatim dari desa setempat. Dalam kesempatan tersebut Pertamina EP Asset 4 Field Cepu memberikan santunan kepada 50 anak yatim. [rof/col]