Di Penghujung Kontrak, JOB PPEJ Tanam 5000 Mangrove di Pantai

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Operator Minyak dan Gas Bumi (Migas) Blok Tuban, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) melakukan penanaman 5.000 pohon mangrove di pantai Kabupaten Tuban.

Penanaman dilakukan di tiga titik kawasan rawan abrasi di Kecamatan Jenu dan Kecamatan Tambakboyo. Dilakukan dengan menggandeng Mangrove Center Tuban yang ada di Desa/Kecamatan Jenu.

"Kalau tahun kemarin kami tanam 2.000 bibit pohon, sekarang tahun 2017 penanaman kami tingkatkan menjadi 5.000 bibit, " kata Field Manager JOB PPEJ, Nusdhi Septikaputra, kepada blokTuban.com.

Ditanya apakah akan ada peningkatan jumlah tanam lagi tahun depan? Nusdhi belum bisa memastikan. Dia menjelaskan kontrak JOB PPEJ di Blok Tuban akan berakhir Februari 2018. Perusahaan masih menunggu sikap dari pemerintah selanjutnya.

"Seperti kita ketahui kontrak akan berakhir 2018 nanti, selanjutnya (masalah kontrak) akan kita serahkan kepada pemerintah sesuai aturan, " jelas Nusdhi.

Meski begitu perusahaan bertekad tidak hanya melakukan penanaman saja. Tapi akan terus melakukan monitoring agar bibit yang ditanam tidak mati dan sia-sia. Karena kegiatan itu dinilai sebagai bentuk komitmen kepedulian lingkungan.

Aktivis Lingkungan sekaligus pengelola Mangrove Center Tuban, Ali Mansur, mengapresiasi apa yang dilakukan perusahaan. "Karena tahun kemarin sudah tanam, dan sekarang dilanjutkan dan ditingkatkan kembali, " jelasnya. [pur/ito]