Terserang Penyakit, Hasil Panen Kentang di Montong Menurun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim ini hasil panen kentang yang dilakukan oleh sebagian petani di Dusun Sambongan, Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mengalami penurunan dibandingkan dengan musim panen yang lalu.

Para petani menyebutkan, penurunan hasil panen ini dikarenakan sebagian tanaman kentang terserang penyakit Blidut (rusak), yang diakibatkan oleh curah hujan tinggi.

"Hasil panen lebih bagus musim yang lalu, sekarang karena curah hujan yang masih tinggi banyak kentang yang terserang Blidut," ungkap Warsono (31) saat memanen kentang, Minggu (9/4/2017).

Ia menambahkan, untuk ukuran kentang panen kali ini ukuran kentangnya lebih besar. Namun untuk yang terserang penyakit Blidut para petani lebih memilih membuangnya dari pada diikutkan untuk dijual.

Terpisah, petani lain Sodirun mengaku kentang ini dipanen setelah umurnya mencapai 6 bulan, sehingga isinya sudah pas untuk dipanen.

Namun, tambahnya, curah hujan yang masih tinggi ini menyebabkan sebagian lahan kentang terserang penyakit Blidut otomatis hasil panen kali ini menurun dibandingkan tahun lalu.

"Dulu dapat hingga puluhan sak, namun sekarang hanya beberapa sak saja," kata Sodirun. [hud/col]