Harga Murah, Kambing Banyak Diminati Pembeli

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Beberapa pekan terakhir harga jual kambing di pasar hewan Jatirogo, Tuban mengalami penurunan. Tentu, dengan kondisi tersebut para peternak maupun masyarakat awam ramai memanfaatkan untuk membeli sebanyak-banyaknya dengan berbagai tujuan.

Salah satu peternak, Ngalimun (76) mengaku, dengan harga kambing jenis domba yang turun drastis menjadi kabar baik untuk memenuhi isi kandang. Ia menjelaskan, siang ini membeli bibitan kambing jenis domba kisaran harga Rp250 ribu per ekor.

"Tadi beli tiga ekor usia tiga bulanan untuk isi kandang," jelas peternak asal Desa Wangi, Jatirogo itu, Jum'at (24/3/2017).

Menurut para pembeli, penurunan harga kambing di pasar hewan Kabupaten Tuban, karena ramainya penjual untuk tambal butuh kebutuhan. Masyarakat yang sebagian besar petani saat ini belum memilik cukup uang untuk membeli ternak, justru ramai menjualnya.

"Harga ternak di daerah sini dipengaruhi musim, jika musimnya petani banyak yang jual pasti murah. Sebaliknya, jika banyak petani yang butuh pasti mahal," bebernya.

Senada juga disampaikan pembeli domba lainnya, Satiman (72). Di saat harga domba mengalami penurunan secara drastis, ia memanfaat untuk keperluan disembelih dalam rangka tasyakuran.

Saat ditemui blokTuban.com usai membeli ternak, ia mengaku dapat domba jantan umur sekitar delapan bulan dengan harga Rp750 ribu per ekor. "Harga domba sedang anjlok-anjloknya, saya manfaatkan untuk disembelih," terangnya, saat menunggu rekannya pulang di parkiran.[rof/ito]