Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah desa di wilayah kerja perusahaan (WKP) PT Pertamina EP Asset IV, Kecamatan Senori, Tuban, Jawa Timur bisa bernafas lega lebih awal. Sebab anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sudah bisa dicairkan paling awal dibanding desa di Kecamatan lain.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com (bT), aturan pencairan ADD tahun 2017 sudah dilalui dan terselesaikan sejak awal tahun 2017. Hal itu disampaikan Kasi Pemerintahan Kecamatan Senori, Husnul Khotimah saat ditemui awak media di kantornya, Senin (20/3/2017).

"ADD ditranfer ke rekening khas desa pada (23/2/2017), maka awal bulan Maret masing-masing desa sudah mulai mencairkan," kata dia.

Dijelaskan PNS yang kerap disapa Husnul itu menuturkan, pencarian ADD secara lebih awal tentu bukan perkara mudah. Ia bersama desa berusaha bekerja keras sesuai jadwal yang telah disepakati bersama.

Pencairan ADD, beber Husnul, bisa cair lebih awal sebab dari penyelesaian ikhtisar laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2016 lebih awal. Selain itu juga penyelesaian laporan konsolidasi realisasi pelaksanaan APBDes 2016, laporan konsolidasi Dana Desa (DD) 2016, dan laporan pertanggungjawaban realisasi APBDes 2016.

"Selain itu, kita juga selesaikan lebih awal Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pada Oktober 2016," papar Husnul.

Masih Husnul, semua yang dilakukan Pemerintah Desa di Kecamatan Senori itu sudah sesuai dengan Perbup No. 2 Tahun 2016, tentang pengelolaan keuangan. "Dengan pijakan itu, saya harapkan pemerintah desa semakin terpacu untuk tingkatkan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya menegaskan. [rof/ito]