Jumlah Koperasi di Tuban Alami Pertumbuhan 13 Persen

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jumlah koperasi di Kabupaten Tuban pada 2017 ini terhitung mengalami pertumbuhan 13 persen dibanding tahun sebelumnya.

Saat ini tercatat 1.235 koperasi dari berbagai jenis usaha. Diperkirakan pertumbuhan koperasi per tahun 2016 sekitar 160 unit yang didominasi koperasi syariah.

Diketahui, koperasi syariah atau koperasi majlis taklim tersebut sebelumnya ditargetkan berdiri di 140 desa yang ada di bumi Ranggalawe - Tuban. Kepala Bidang (Kabid) Koperasi, di Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Rohmad, menjelaskan kalau koperasi diperuntukkan untuk warga yang enggan bergabung dengan koperasi konvensional.

"Pertumbuhan koperasi memang karena ada program penumbuhan koperasi syariah atau KSPPS," katanya merujuk Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah.

Koperasi berbasis syariah tersebut dalam modal pendirian disokong oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Masing-masing koperasi tersebut menerima dana hibah sebesar Rp 25 juta," tambahnya.

Sebab beberapa koperasi dikelola oleh generasi tua terus dilakukan pendampingan dan pembinaan. Dalam laporan tahunan yang disampaikan ketika Rapat Anggota Tahunan (RAT) membutuhkan laporan secara akuntabel dan memiliki manajemen yang jelas.[dwi/ito]