Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tahun 2017 ini, pertumbuhan usaha pemula kian digenjot. Karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM membuka peluang kepada pengusaha pemula untuk mengajukan modal usaha.

Terkait hal ini, Deputi Permodalan Kementerian Koperasi dan UKM, Luhur Pradjarto menjelaskan, pengajuan modal ini dibuka secara nasional dan dapat dilakukan secara online.

Saat ditemui blokTuban.com, ia menuturkan target yang dipasang sebanyak 1.200 usaha pemula dapat memperoleh bantuan dengan mengajukan proposal usaha terlebih dahulu. Kesempatan mengajukan proposal tersebut diberikan kepada masyarakat luas, tidak terkecuali di daerah.

"Usaha pemula akan mendapatkan bantuan minimal Rp 10 juta dan maksima Rp 13 juta," kata Luhur, Kamis (16/2/2017).

Namun, dalam pengajuan proposal usaha tersebut berbasis internet. Yakni proposal dijadikan melalui website resmi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop, dan UKM). Tujuannya agar masyarakat melek media dan di sisi lain hampir sebagian besar masyarakat memiliki telepon pintar.

"(Proposal usaha, red) harus memiliki rencana yang jelas, jangan sampai wirausaha pemula hanya mengambil spekulasi bukan sekedar pengajuan," katanya.

Ia menambahkan sebab alokasi yang terbatas dari Pemerintah Pusat tersebut, dalam penyaluran pembiayaan harus selektif. [dwi/col]