Potensi Kentang Hitam, Petani Hargoretno Dituntut Kreatif

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Desa Hargoretno yang masuk wilayah Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban merupakan desa yang subur akan tanaman kentang hitamnya. Namun untuk pengembangannya masih perlu adanya perhatian khusus para stakeholder di wilayah tersebut.

Kepala Desa (Kades) Hargoretno, Sujono mengatakan, di desa yang ia pimpin 75% adalah tani penghasil kentang hitam. Namun kata dia, masyarakat Desa Hargoretno masih memerlukan penyuluhan pengelolaan pertanian yang produktif. Tujuannya untuk meningkatkan produksi unggulan pertanian (kentang hitam) yang ada di desa tersebut.

"Tingkat kesuburan kentang hitam di desa kami tidak diragukan lagi. Namun terkait tingginya kualitas komuditas kentang tersebut belum diimbangi dengan adanya usaha yang lebih kreatif, termasuk pengembangannya," ujar Sujono kepada blokTuban.com, Kamis (16/2/2017).

Untuk itu dengan adanya kegiatan KKN PAR STAI Al-Hikmah Tuban, ia berkolaborasi dengan mahasiswa serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban di wilayah Kerek, melakukan penyuluhan pertanian dan kewirausahaan bagi warganya.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan penyuluhan kepada petani setempat akan pentingnya pengelolaan pertanian. Disamping itu, untuk meningkatkan produksi kentang hitam yang ada di Desa Hargoertno.

"Harapannya petani kentang hitam bisa lebih kreatif, supaya pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat bisa lebih pesat," pungkas Sujono mengharapkan.[rof/rom]