Gaet Kreditor, Bank UMKM Gandeng BPN

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penyaluran kredit terhadap masyarakat kerap terkendala lantaran agunan atau jaminan yang tidak senilai dengan kebutuhan kredit. Sebab itu, Manager Bank UMKM Cabang Tuban, Sanafi dalam menjemput bola menggaet claon kreditor menggandeng Badan Pertanahan Nasional (BPN). Harapannya dapat membantu masyarakat mengurus sertifikat tanah hak milik masing-masing.

"Sering terkendala jaminan, kami minta BPN sosialisasikan pengurusan sertifikat tanah, misalnya pernah di Plumpang," ungkapnya kepada blokTuban.com.

Seperti sejauh ini, di Kecamatan Grabagan dengan adanya sertifikasi massal berpengaruh terhadap tingkat penyaluran kredit. Terlebih bidang pertanian selama ini turut mendominasi penyaluran kredit.

"Di Grabagan ada sekitar 200 kepala yang mengajukan kredit, pertanian yang mendominasi," kata Sanafi kepada blokTuban.com.

Bahkan, untuk proses pengurusan sertifikat, pihaknya menawarkan bantuan bersifat materiil. Seperti untuk biaya sertifikasi dapat dipotong dari pinjaman usaha tani, sehingga notaris bisa mengeluarkan surat yang berharga dalam pengajuan kredit tersebut. [dwi/col]