Daerah Perbatasan Rawan Tindak Kejahatan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di daerah perbatasan Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban cukup tinggi. Pasalnya sejak Januari hingga November Kebonharjo tercatat paling tinggi angka kejahatannya dibanding 17 desa lain di Kecamatan Jatirogo.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Jatirogo hingga mendekati tutup tahun tercatat enam desa terjadi tindak kriminal. Sebaran peristiwa diantaranya di Desa Kebonharjo, Sadang, Pasean, Sekaran, Ngepon, dan Dingil.

"Desa Kebonharjo angka kriminalitas tertinggi di Kecamatan Jatirogo dibanding lima desa yang terjadi tindak kejahatan," terang Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Jatirogo, Inspektur Polisi Satu (IPTU) Suharto.

Dari penjelasan Suharto, Desa Kebonharjo secara geografis menjadi daerah perbatasan Kabupaten Tuban dan Rembang sekaligus Provinsi Jawa Timur-Jawa Tengah itu terdapat tiga kali tindak kriminalitas.

Polisi asal Bangilan itu menambahkan, disusul tiga desa lainnya yaitu Desa Sadang, Pasean, dan Sekaran terjadi dua kali. Sementara dua desa, Ngepon dan Dingil hanya terjadi satu kasus tindak kejahatan.

Menyikapi hal itu, tentu pihak kepolisian akan lebih meningkatkan kegiatan pemantauan secara rutin. Kepada blokTuban.com, pihaknya mengaku akan memanfaatkan perangkat desa dan pihak keamanan untuk berkoordinasi.

"Selain melakukan kegiatan patroli, petugas kepolisian akan melakukan pendekatan ke masyarakat dan sosialisasi kamtibmas lewat tiga pilar desa," pungkas Suharto. [rof/col]