Bukit Kapur Purboyo, Lokasi Nongkrong Tipis-Tipis Ala Kaum Muda

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bumi Wali atau sebutan lain Kabupaten Tuban menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Selain terbentang dataran rendah yang berada di bantaran Bengawan Solo, sebagian besar terdapat hamparan bukit kapur atau karst yang berpotensi dijadikan lokasi sekadar menghabiskan penat.

Seperti kali ini, keberadaan bukit kapur yang salah satunya berada di Dusun Purboyo Mayang Sekar, Desa/Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban cukup menarik untuk diulas. Berada di atas wisata alam ikon Kecamatan Rengel, Goa Ngerong, bukit kapur Purboyo pula memiliki view alam yang menyajikan dataran di bawahnya.

Menuju bukit ini cukup mudah untuk ditempuh. Dari Kantor Kecamatan Rengel akan dijumpai di seberang jalan yakni SDN 1 Rengel, kemudian ambillah jalan menanjak tepat di sebelah bangunan sekolah. Jalanan beraspal cukup meliuk, pastikan kendaraan anda dalam kondisi baik.

Jalan kecil beraspal tersebut melintas melewati permukiman warga dan tepat setelahnya terbentang hamparan bukit di mana kerap dijadikan nongkrong ala pemuda setempat atau mereka kerap menyebutnya nongkrong tipis-tipis.

Seperti Vita dan Rudi yang ditemui blokTuban.com di bukit Pruboyo. Pemuda yang masih duduk di bangku sekolah menengah tersebut mengaku menjadikan bukit tersebut tempat untuk menghabiskan waktu sore dan refreshing tipis-tipis.

"Waktu penghujan begini banyak rumput hijau dan pemandangannya bagus untuk selfi," terang Vita malu-malu kemudian tertawa.

Memasuki musim penghujan menambah keindahan bukit yang menjadi area tambang batuan kumbung tersebut. Beberapa petak dan ruang sisa tambang yang berlumut dan kesan hijau di atasnya menjadi daya tarik sendiri bukit Purboyo di mata kaum muda.

Lebih dari itu, dari atas bukit sejauh mata memandang akan nampak liuk aliran Sungai Bengawan Solo nan jauh di bawah. Selain itu, berpetak-petak sawah yang sedang digarap warga terhampar bersanding dengan jalan aspal membelah di tengahnya.

Namun, demikian kewaspadaan perlu diperhatikan kawan blokers sapaan pembaca setia blokTuban.com. Bukit kapur saat musim penghujan menjadi licin dan lahan yang tidak rata, demi keselamatan perlu berhati-hati. [dwi/rom]

karst-2