Berikut 3 Cara Proteksi Diri dari Kejahatan Dunia Maya

Reporter: Dwi Rahayu

bkokTuban.com - Kejahatan di dunia maya atau cyber crime menjadi hal yang tidak terelakkan di era Ilmu Teknologi (IT) saat ini. Namun demikian, beberapa hal dapat dilakukan untuk memproteksi diri dari kejahatan dunia maya.

Secara garis besar terdapat tiga cara untuk memproteksi diri terhadap ancaman kejahatan dunia maya. Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Muh Wahyudin Latif mengatakan, tiga cara ini dapat diterapkan baik kepada individu ataupun kelompok di masyarakat.

"Pertama proteksi infrastruktur, tempat mengalirnya data dan informasi dalam proses transmisi, baik dalam jaringan darat, laut dan udara," terang pria kelahiran Kudus tersebut.

Selain itu, yang harus dilakukan yakni memproteksi konten atau data dan informasi yang menyangkut kerahasiaan diri. Seperti pengabdian pada akun media sosial harus diperhatikan, jangan sampai diketahui orang lain yang berpotensi menimbulkan kerugian sebelah pihak.

Kemudian proteksi terhadap komponen terkait proses interaksi. Terlebih keamanan perangkat lunak ketika saat digunakan browsing dan mengakses media sosial.

"Harus dikonfigurasi sedemikian rupa, sehingga kemana-mana terjamin," tandasnya. [dwi/rom]