Santri Berperan Penting Mengisi Kemerdekaan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Berjuta-juta santri di berbagai daerah melaksanakan upacara Hari Santri Nasional di daerah masing-masing, Sabtu (22/10/2016).

Salah satu diantaranya lembaga pendidikan dibawah naungan LP Maarif NU Tuban, Madrasah Aliyah (MA) Alfalah Bangilan. Para siswa yang menyebut dirinya juga santri nampak antusias mengikuti upacara, terlebih saat menyanyikan lagu Syubbanul Wathan (Yaa Lal Wathan) yang penuh dengan semangat patriotisme.

Panitia peringatan Hari Santri Nasional, M. Arif Rosyidin mengatakan, maksud dari memperingati Hari Santri Nasional untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu untuk mengetahui sejarah yang sebenarnya terkait peran santri dalam memprjuangkan Kemerdekaan RI.

"Santri harus berperan penting dalam mengisi Kemerdekaan," ujar Arif, kepada blokTuban.com, Sabtu (22/10/2016).

Lanjutnya, dengan adanya semangat santri untuk belajar ilmu dan teknologi tentu akan menjadikan Negara Indonesia lebih berkembang dan maju disegala bidang, khususnya bidang keagamaan, agar kelak jadi insan cendekia yang saleh.

"Peran santri yang utama untuk menjaga dan mengawal NKRI sebagai warisan leluhur para ulama dan menjauhkan dari politisasi agama," pungkasnya.

Upacara Hari Santri Nasional yang diselenggarakan di halaman sekolah ini penuh hikmat. Hari Santri Nasional tidak hanya untuk mengenang perjuangan para santri saat melawan penjajah, tapi juga untuk mengingatkan kembali meraih kemerdekaan sangatlah berat.

Para Santri mengaku, mereka merasa lebih memahami perjuangan orang-orang dahulu dalam memerdekakan Negara RI. Mereka juga merasa termotivasi untuk selalu mengisi Kemerdekaan RI. [rof/rom]