Pemkab Gandeng Lesbumi, Tumbuhkan Seni Tradisi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan gema Muharram 1438 H, pemkab Tuban menggandeng PC Lesbumi NU Tuban menggelar parade Tongklek Kreasi Tuban di Alun-Alun Tuban, Jumat (21/10/2016).

Parede tongklek kreasi Tuban yang mengambil tema 'Meneguhkan Kembali Seni Tradisi Bumi Wali' ini diikuti sembilan paguyuban tongklek dari penjuru daerah di Kabupaten Tuban.

Ketua panitia, Abdul Majid mengatakan, acara yang digelar bertujuan untuk menggali potensi-potensi dan budaya yang ada di Kabupaten Tuban, baik yang berada di tingkat kecamatan dan desa yang selama ini berada di daerah-daerah bisa terangkat kembali.

“Terselenggaranya acara malam ini, sebagai wujud memunculkan kembali seni yang ada di Bumi Wali, Tuban," ujar pria yang akrab disapa Jack Al Majid itu, Jumat (21/10/2016).

Lanjut Jack, dengan adanya parade tongklek malam ini semoga dapat menumbuh-kembangkan semangat generasi muda penerus bangsa, untuk menuangkan ide yang disesuaikan dengan kondisi kekinian di bidangnya masing-masing.

Terpisah Ketua PC Lesbumi NU Tuban, M. Zainuddin mengungkapkan, pihaknya berterima kasih kepada Pemkab Tuban yang telah mempercayakan Lesbumi NU untuk menangani acara seni tradisi Bumi Wali.

"Semenjak tongklek mulai muncul di Tuban kini mulai diminati masyarakat," papar Zainuddin.

Selain itu kata dia, musik tongklek saat ini juga ikut mewarnai belantika musik Jawa Timur. Sehingga, musik tongklek mulai memikat hati produsen musik.

"Musik tongklek kini mulai sudah dilirik produksi rekaman Jawa Timur," tegas pemilik Jay Studio Mastering itu.

Pantauan blokTuban.com di lokasi, ribuan penggemar tongklek mulai memadati Alun-Alun Kota Tuban malam ini.[rof/col]