Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-71 warga Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban menyelenggarakan Lomba Gerak Jalan antar Rukun Tetangga (RT).

Dalam perlombaan ini Jumat (7/10/2016) semua lembaga yang berada di desa tersebut ikut berpartisipasi, antara lain yakni, Pemerintah Desa (Pemdes), tokoh masyarakat, lembaga pendidikan, dan beberapa perguruan silat, serta lembaga kesehatan yang ada di desa tersebut. 

Sebanyak 57 grup ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, seluruhnya dari Desa Jetak yang terdiri dari lima dusun yakni, Dusun Kebunagung, Ngemplak, Boropetung, Kerokan dan Dusun Krajan dan terdapat sebanyak 32 RT. 

"Sebelumnya, rangkaian PHBN yang diselenggarakan di Desa ini cukup padat, yakni Lomba Bola Voli, Rujak Dangdut, Rias Tanpa Kaca, Catur dan terakhir setelah gerak jalan ini akan dilangsungkan lomba Bulutangkis Se-Kecamatan Montong,"ungkap Koordinator Lomba Gerak Jalan, Kasiful Anwar kepada blokTuban.com.

Perlombaan gerak jalan untuk memperingati PHBN ini diselenggarakan pada bulan Oktober dikarenakan, pada bulan Agustus lalu pihak panitia juga fokus dalam perayaan HUT RI di kecamatan "Sehingga kami selenggarakan peringatan HUT RI di bulan ini," imbuhnya.

 Pada lomba gerak jalan ini peserta harus menempuh rute sepanjang kurang lebih lima kolometer, yang dimulai dari Kantor Balai Desa Jetak dan finish di pertigaan depan rumah Kepala Desa Jetak. Rencananya, besok akan diselenggarakan penutupan PHBN dengan berbagai hiburan sekaligus penerimaan hadiah.

"Saya berharap kegiatan ini bisa dilakukan rutin setiap tahun, karena di samping menjalin silaturahi., masyarakat juga bisa mengingat sejarah para pendahulu kita," tambah Anwar sapaan akrabnya.[hud/col]