PC IPNU-IPPNU Tuban Gelar Konfercab XXII

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tuban menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) XXII pada hari Sabtu-Minggu (8-9/10/2016), di komplek gedung PC NU Kabupaten Tuban. Konfercab kali ini mengambil tema 'Peran Pelajar Bumi Wali Menuju Generasi Madani'.

Rangkaian Konfercab XXII IPNU-IPPNU cabang Tuban bertujuan untuk menilai pertanggungjawaban PC IPNU-IPPNU Kabupaten Tuban masa khidmat 2014-2016. Serta menetapkan program umum organisasi masa khidmat 2016-2018 dan merumuskan kebijakan organisasi berkaitan dengan kehidupan kebangsaaan, kemasyarakatan dan keagamaan selama dua tahun kedepan. Kemudian yang paling utama yaitu memilih pengurus baru Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Tuban masa khidmat 2016-2018.

Ketua umum PC IPNU Tuban masa khidmat 2014-2016, Faluhuddin mengatakan, beberapa kegiatan pra-konfercab sudah dilakukan. Persiapan-persiapan juga sudah matang. Beberapa kagiatan yang dipaparkan Falahuddin dalam kegiatan pra-Konfercab antara lain ziarah ke makam pendiri IPNU, kemudian diklat persidangan, dan Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) tingkat pelajar MTs dan MA.

"Hari ini tinggal Konfercabnya dan dibuka langsung oleh Bupati Tuban, KH. Fathul Huda," ujar pelajar asal Soko itu, Sabtu (8/10/2016).

Lebih lanjut pelajar yang akrab disapa Udin itu menambahkan, Konfercab ini sesuai dengan AD/ART IPNU-IPPNU dan sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh Pimpinan Cabang. Konfercab ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

"Mengingat masa bhakti hanya 2 tahun dan memang harus kita laksanakan, dengan harapan dari proses tersebut lahir pemimpin baru yang lebih luar biasa," tandas Udin.

Konfercab XXII IPNU-IPPNU cabang Tuban dibuka secara resmi oleh Bupati Tuban, KH. Fathul Huda. Beliau berharap kegiatan Konfercab ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Mantan Ketua PC NU Tuban itu menambahkan, sebagai generasi muda terpelajar, seluruh anggota IPNU-IPPNU harus berperan aktif dan mampu mewarnai Kabupaten Tuban. Selain itu, para pelajar harus mengetahui apa yang seharusnya dilakukan sebagai Kader NU.

"Kader IPNU-IPPNU harus pinter-pinter dalam mencari peluang," pungkasnya. [rof/rom]