UPT Dinkes Bangilan Klaim Bukan Kejadian Luar Biasa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dinas Kesehatan yang berwenang di Kecamatan Bangilan mengklaim penyakit Gondongan yang menyerang puluhan warga Dusun Geneng, Desa Kedungmulyo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, bukanlah kejadian yang luar biasa.

Unit Pelayanan Teknis Dinas Kesehatan (UPT Dinkes) Puskesmas Bangilan menjabarkan, penyakit Gondongan atau disebut parotitis adalah suatu penyakit seseorang yang terinfeksi oleh virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah atau kelenjar parotis. Bagian tubuh yang diserang antara telinga dan rahang, sehingga menyebabkan pembengkakan.

Baca juga [Puluhan Warga Geneng Terserang Penyakit Gondongan]

Penyakit itu cenderung menular dari kontak langsung antara penderita dengan lawan komunikasinya. Jadi jika penularannya sangat cepat itu wajar. Setiap satu penderita sembuh menular ke penderita baru, secara berkelanjutan.

"Itu bukan kejadian luar biasa, karena jumlah penderita kurang dari 10 secara serentak," ujar Plt. Kepala Puskesmas Bangilan, Risa Wahyuningsih, kepada blokTuban. com.

Lebih lanjut, Dokter gigi di Puskesmas Bangilan itu menyatakan, yang dinamakan kejadian luar biasa itu jika serentak penderitanya minimal 10 orang. Menurutnya, informasi yang masuk ke pihak Puskesmas Bangilan itu tidak seperti yang beredar di masyarakat.

"Sudah kita klarifikasi dan dijelaskan ke warga," pungkasnya. [rof/rom]

 

gondongan-1*Salah satu anak penderita penyakit Gondongan tengah memegangi pipi yang bengkak.