Sepi Peminat, 3 SD Negeri di Montong Tutup

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menurunya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) membuat tiga SD di Kecamatan Montong tidak ada lagi kegiatan belajar mengajar alias tutup.

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, ketiga sekolah tersebut adalah SDN Kebunagung, SDN Jetak dan SDN Talun. Untuk SDN Kebunagung sendiri sudah tutup sekitar delapan tahun, sedangkan SDN Jetak dan Talun tidak menyelenggarakan proses belajar mengajar kurang lebih sekitar dua tahun.

Baca juga [Di Montong Peminat SD Terus Menurun]

"Untuk SDN Kebunagung itu sudah lama tidak ada aktivitas belajar mengajar," ungkap Kasubag Humas UPTD Dikpora Kecamatan Montong, Istaji.

Istaji menerangkan, memang Sekolah Dasar Negeri yang sudah tidak melakukan aktivitasnya tersebut dari dulu terbilang sepi, meskipun ada muridnya namun tidak seramai Sekolah Dasar Negeri yang lainnya. Sebelum ketiga SD Negeri tersebut ditutup, jumlah SD yang ada di Kecamatan Montong sebanyak 22 sekolah.

Terpisah, salah satu warga yang berada di sekitar sekolah SDN Talun, Radi (50) menceritakan, ramainya SDN dulu mungkin dikarenakan masyarakat yang mempunyai dua anak harus di sekolahkan di SD dan Madrasah. "Sehingga kedua sekolah tersebut berjalan bersama-sama," kata Radi. [hud/rom]

*Foto: Kondisi SDN Talun yang sudah tidak difungsikan lagi untuk kegiatan belajar mengajar, sehingga masyarakat setempat memanfaatkannya untuk menimbum pakan ternak.