Prospek Oleh-oleh, Bidik Sentral Ikan Asap

Reporter: Dwi Rahayu, Edy Purnomo

blokTuban.com - Ikan asap dengan kualitas terbaik, yang berada di Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, cukup diminati. Pembelinya tidak hanya berasal dari Kabupaten Tuban, tapi juga berasal dari warga luar kota yang kebetulan melintas di Jalan Pantura Tuban. Bahkan, ada yang sengaja datang khusus ke Tuban buat memperoleh ikan asap dari tempat ini.

"Asal saya dari Surabaya, sengaja ambil jalan memutar ke Tuban buat beli ikan asap. Padahal tadi saya dari Bojonegoro," kata Rokim, salah satu pembeli ikan asap di pinggir Jalan Panglima Sudirman, Kabupaten Tuban.

Baca juga [Ikan Asap Karangsari, Ikan Asap Unggulan di Jalur Daeandels]

Lurah Karangsari, Hery Subagiyo, melihat produksi ikan asap dari Kelurahan Karangsari memiliki prospek sebagai salah satu jenis oleh-oleh khas Tuban. Dia menilai, kawasan Jalan Re Martadinata, yang berada tepat di pinggir pantai bisa dimanfaatkan untuk penjualan ikan asap. Jalan tersebut memang strategis, selain wilayah pantai yang ada di sisi utara sebagai jujukan wisata lokal, juga ada Klenteng Kwan Sing Bio dan juga akses masuk ke wilayah perkotaan, dimana ada beberapa tempat wisata seperti pantai boom dan makam Sunan Bonang.

"Ikan asap kerap menjadi oleh-oleh bagi warga yang berkunjung atau sekadar melintas di Kabupaten Tuban," jelas Hery.

Sekarang, jumlah penduduk di Kelurahan Karangsari 4.030 jiwa. Sebanyak 70 persen dari jumlah penduduk tersebut bekerja sebagai nelayan, dan 30 persen sisanya bekerja di sektor lain. Dengan begitu, ikan asap merupakan potensi besar yang ada di daerah nelayan itu.

Hanya saja, penjualan ikan asap di Kelurahan Karangsari dirasa belum memadai. Itu karena mereka tidak mempunyai tempat khusus, dan masih memanfaatkan badan jalan pantura buat mengais rezeki. "Perlu dibuatkan tempat khusus yang lebih memadai," jelasnya.

Camat Tuban, Agus Hanafi mengatakan, ikan asap di sepanjang pesisir Pantura perlu diberi perhatian. Dia sudah mengusulkan agar dibuatkan sentra perdagangan ikan khas Tuban. Supaya ikan asap bisa menjadi salah satu ikon di bumi wali.

"Sudah diusulkan, di Tuban akan dibangun sentra semacam rest area sehingga olahan ikan selain diasap dapat pula dibakar atau digoreng langsung di tempat," kata Agus.

Belum ada informasi persis grand desain sentra penjualan ikan asap. Rencananya tempat tersebut berada di sekitar Jalan Re Martadinata yang notabene masuk wilayah Kelurahan Karangsari. Hanya saja, sementara ini penjual ikan asap sudah mendapatkan bantuan tenda dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tuban. Selesai. [dwi/pur/rom]

ikan-3*Salah satu warga Kelurahan Karangsari Kecamatan/Kabupaten Tuban tengah meyiapkan ikan untuk diasap.

ikan-4

*Ikan asap khas Tuban yang patut dicoba kelezatannya dan cocok untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

ikan-1

*Warga yang kebetulan melintas tengah memilih ikan asap.