Pihak Kecamatan Usulkan Goa Suci Sebagai Tempat Wisata

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kurangnya perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban membuat Goa Suci yang berada di Dusun Suci, Desa Wangon, Kecamatan Palang tidak banyak diketahui masyarakat Tuban. Meski ornamen goa masih tersimpan keasliannya, namun perhatian pemerintah tentu diperlukan agar Goa Suci bisa menjadi Objek atau ikon wisata kecamatan yang berada di sebelah timur pantai Tuban itu.

Camat Palang, Sugeng Winoto mengatakan, memang Goa Suci merupakan potensi bagi masyarakat Palang. Goa yang menyajikan keindahannya itu mampu membuat pengunjung untuk berlama-lama menikmati orenamen goa. Sugeng menambahkan, selama ini dirinya juga sudah berupaya untuk mengangkat potensi Goa Suci melalui instansi pemerintahan.

"Kita sudah usulkan agar Goa Suci menjadi Ikon wisata di Kecamatan Palang," terang Sugeng kepada blokTuban.com

Camat yang sehari-harinya bersentuhan dengan masyarakat nelayan itu menjelaskan, selama ini pihak kecamatan sudah berkomuikasi kepada instansi yang membidangi pariwisata. Namun, sampai detik ini juga belum ada respon.

Jika Goa Suci bisa menjadi ikon wisata desa atau wisata lingkup kecamatan tentunya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Palang, mungkin dalam skala kecil dibidang perekonomian.

"Pastinya akan berdampak pada perekonomian masyarakat jika Wisata Goa Suci didukung oleh dinas terkait," jelas Sugeng.

Masih kata Sugeng, jika Potensi keindahan Goa Suci tidak dimanfaatkan atau dibiarkan saja, maka Goa tersebut hanyalah jadi hiasan yang cukup untuk dipandang saja.

"Sudah kita usulkan, namun belum ada respon sampai sekarang dan kita juga tidak bisa berbuat banyak," pungkasnya. [nok/col]