Sektor Pertanian dan Pariwisata Tumpuan Perekonomian Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban tengah menggenjot peningkatan perekonomian di Tuban pada tahun 2016-2021. Karena itu, Pemkab akan mengembangkan sektor pariwisata dan pertanian sebagai target utama peningkatan ekonomi.

Kepala Bapeda Kabupaten Tuban, Mustarikah menjelaskan, dalam rangka meningkatkan perekonomian Kabupaten Tuban saat ini yang menjadi fokus ke depan pada sektor pariwisata dan pertanian yang diharapkan mendulang retribusi daerah.

Sektor pariwisata memiliki peran vital sebagai sumber penerimaan pendapatan dan mampu membuka kesempatan kerja serta berusaha. Sementara sektor pertanian di Tuban pada 2014 peranannya sebesar 20,95 persen terhadap pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

“Target yang pasti dalam RPJMD kita di tahun 2016 minimal pertumbuhan kita ke depan mencapai 6 persen,” terang Kepala Bapeda Kabupaten Tuban, Mustarikah.

Secara umum, lanjut Rika sapaan akrabnya, kinerja perekonomian di Kabupaten Tuban berdasarkan indikator makro Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) selama tahun 2014 masih dinilai cukup baik dan prospektif dengan laju pertumbuhan ekonomi yang meningkat cukup signifikan.[dwi/col]