Cari Bibit Pecatur, Bangilan Gelar Kejuaraan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Bangilan mulai lirik bibit-bibit atlit olahraga Catur. Hal itu terbukti dengan digelarnya olahraga yang butuh ketenangan tingkat tinggi tersebut.

Dalam memperinagti HUT RI yang ke-71 sengaja digelar turnamen tingkat SD/MI, guna mencari bibit berbakat, untuk selanjutnya dibina untuk memperkuat ketika ada event di tingkat Kabupaten Tuban maupun Nasional.

Animo para siswa untuk mengikuti perhelatan catur sangat tinggi. Pasalnya hadiah yang diperebutkan juga tidak sedikit. “Ada 25 lembaga SD di Kecamatan Bangilan yang mengikuti di tambah 7 dari MI,” ujar Yahya Dwi Arianto, ketua pelaksana kejuaraan Catur tingkat SD/MI 2016 kepada blokTuban.com, Rabu (24/8/2016).

Dari turnamen itu sekarang dibangilan sudah terjaring puluhan atlit catur yang nantinya akan dibina untuk di pertarungkan ketika ada event kejuaraan. Sementara itu dalam kejuaraan catur tingkat pelajar, Huda siswa SDN Bangilan 1 Keluar jadi juara satu, diikuti juara kedua Lia Febriani dari SDN Sidotentrem 2, dan untuk juara ketiga ditempati atlit dari SDN Ngrojo.

"Kejuaraan kali ini digelar dalam jumlah enam babak," sambungnya.

Dikesempatan lain, ketua Bangilan Chess Club, Mujoko Sahid mengaku bangga dan terharu atas partisipasi pecatur yang ikut kejuaraan tingkat pelajar ini. “Saya gembira sekali melihat animo pecatur yang berpartisipasi di kejuaraan ini,” ujar pria yang akrab disapa kang Syahid itu.

Ia menilai dengan event catur seperti ini mampu menggugah para pemula untuk bangkit lebih maju. Bibit-bibit pecatur akan terus digali dan dibina hingga tumbuh dan berkembang nantinya. [rof/ito]