Pemkab Apresiasi Pelaku Koperasi di Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Puluhan penghargaan diterima para pelaku koperasi atas apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Tuban. Yang mana koperasi adalah motor penggerak ekonomi kerakyatan.

Penghargaan tersebut diberikan sekaligus memperingati hari koperasi ke-69 yang jatuh pada tanggal 12 Juli. Berbagai koperasi baik itu koprasi wanita, di tingkat desa ataupun sekolah serta koperasi berbasis syariah turut dihadirkan. Selain itu sejumlah perbankan juga berpartisipasi memberi apresiasi bagi para pelaku koperasi.

Bupati Tuban, Fathul Huda mengatakan, koperasi perlu dilakukan sebuah reformasi. Salah satunya pihak berwenang harus melakukan pembaharuan koperasi diawali dengan pengelolaan database.

"Pemutakhiran data koperasi dapat melalui Online Data System (ODS)," kata pria nomor satu di Tuban tersebut.

Sehingga, lanjut bupati dua periode tersebut, pengelolaan data koperasi dapat menjadi acuan dalam mengambil tindakan lebih profesional. Selain itu, pelaku koperasi didorong dalam hal meningkatkan modal usaha.

Seperti diketahui, jumlah koperasi di Tuban saat ini sekitar 1.088 koperasi. Sementara yang dinyatakan aktif yakni kurang lebih 879 koperasi dari keseluruhan.

"Rata-rata tercatat 13,7 persen pertumbuhan koperasi yang ada saat ini," kata Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Farid Achmadi menambahkan. [dwi/rom]