25 Industri Rumahan di Kerek Produksi Batik Gedog

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kecamatan Kerek merupakan kawasan di Kabupaten Tuban yang menjadi sentra kerajinan Batik Gedog. Terhitung sebanyak 25 home industri atau industri rumahan yang memproduksi kerajinan batik gedog berada di kecamatan ini.

Hal itu seperti yang diungkapkan Camat Kerek Rohman Ubaid. Ia menjelaskan bahwa 25 home industri tersebut menyebar di berbagai desa di Kecamatan Kerek, di antaranya Desa Margomulyo, Desa Jarorejo, Desa Margorejo, Desa Kedungrejo, dan Desa Gaji.

Dari 25 home industri tersebut, pekerja tetap yang berada di masing-masing tempat industri rumahan mencapai hingga 10 sampai 20 pengrajin, dan untuk pegawai yang tidak tetap atau pekerja sampingan mencapai hingga 50 pengrajin di setiap indutri rumahan.

"Terbanyak Home Industri batik gedog di Kerek berada di Desa Margorejo dan Kedungrejo," kata Camat Kerek, Jumat (5/8/2016).

Meski dari berbagai desa yang menjadi sentranya, batik gedog tersebut memiliki beberapa motif dan corak yang hampir sama. Namun bukan berarti tak ada pengembangan-pengembangan dan inovasi-inovasi dari masing-masing desa.[hud/col]